. . . . . .

Pecah Pola Celana Sesuai Desain


Celana adalah pakaian bagian bawah yang dipakai mulai dari pinggang melewati panggul sampai ke bawah sesuai yang diinginkan dan berbentuk pipa yang berguna untuk memasukkan kaki. Celana untuk wanita biasa disebut dengan slack sedangkan celana untuk pria disebut dengan pantalon. Berdasarkan siluet dan panjangnya celana dapat dibedakan menjadi 8 macam yaitu :
1. Celana short atau hot pant yaitu celana pendek atau yang panjangnya sampai pertengahan paha.
2. Celana bermuda yaitu celana yang panjangnya lebih kurang 10 cm di atas lutut.
3. Cullotte yaitu celana rok dengan bentuk agak melebar ke bawah
4. Knikers yaitu celana yang menggelembung dengan kerut dibagian pinggang dan bagian bawah celana diberi manset. Panjangnya lebih kurang 10 cm dibawah lutut.
5. Jodh pure adalah celana dengan siluet Y, menggelembung pada bagian atas dan menyempit ke bawah dan panjangnya sampai batas lutut. Jika panjangnya sampai mata kaki disebut dengan celana baggy.
6. Legging yaitu celana pas kaki yang biasanya dibuat dari bahan yang stretch atau lentur dan panjangnya sampai mata kaki.
7. Capri yaitu celana yang panjangnya di atas mata kaki dan bagian bawah diberi belahan lebih kurang 20 cm.
8. Bell botton yaitu celana dengan panjang sampai mata kaki atau menutup mata kaki dan melebar dari lutut ke bawah. Celana ini biasanya disebut dengan cutbray.
Berikut ini dapat dilihat beberapa teknik pecah pola celana sesuai dengan model di atas.
Model 1. Celana model jodh pure Celana bersiluet Y, menggelembung pada bagian atas dan menyempit ke bawah dan panjangnya sampai batas lutut. Jika panjangnya sampai mata kaki disebut dengan celana baggy.
Keterangan :
Celana digunting pada garis panggul dan garis tengah celana sampai batas lutut. Tarik ke luar bagian pola yang sudah digunting. Besar pelebaran celana pada garis tengah celana 5 cm. Bentuklah bagian sisi celana mengikuti pola yang sudah dilebarkan tersebut. Pecah pola celana  bagian belakang sama dengan bagian depan. Celana model ini cocok digunakan untuk pakaian santai.
Desain 2. Celana model bell botton
Celana ini panjangnya sampai mata kaki atau menutup mata kaki dan melebar dari lutut ke bawah. Celana ini biasa disebut dengan cut bray.
Keterangan :Teknik pecah pola depan dan pola belakang sama. Pertama-tama guntinglah bagian ujung celana sampai batas lutut menjadi 3 bagian.
Masing-masing bagian tersebut dilebarkan ± 5 cm sehingga bagian ujung celana menjadi lebar. Bentuklah pola mengikuti pola yang sudah dilebarkan.
Celana model ini menggelembung dengan kerut dibagian pinggang dan bagian bawah celana, pada ujung bawah celana diberi manset.
Panjang celana ± 10 cm dibawah lutut.
Keterangan :
Pertama-tama tandai batas panjang celana, kemudian gunting celana mengikuti garis tengah celana. Masing-masing bagian yang digunting,  dilebarkan 10 cm agar celana lebih longgar dan untuk mendapatkan kerutan pada ujung celana. Bentuklah pola mengikuti bagian yang dilebarkan tersebut. Pecah pola muka sama dengan pecah pola belakang.
Celana model ini panjangnya lebih kurang 10 cm diatas lutut.
Keterangan :
Untuk celana model di atas, cukup dipendekkan saja sesuai dengan desain yang mana celana ini panjangnya 10 cm di atas lutut. Celana model ini biasanya di pakai untuk kesempatan santai. Dengan memakai bahan tertentu seperti bahan stretch atau elastis dapat dipakai untuk kesempatan olah raga.

0 komentar:

Poskan Komentar