. . . . . .

Menyelesaikan Busana Dengan Alat Jahit Tangan



1. Memasang Kancing
 Posisi pemasangan kancing hendaklah tepat digaris tengah muka atau tengah belakang, maka dari itu untuk belahan biasa yang sudah dilebihkan lidah belahannya 2 atau 1,5 cm maka jelujur terlebih dahulu tepat pada garis tengah muka atau tengah belakang, agar tepat. Kancing berfungsi untuk mengancingkan belahan (penutup belahan) atau juga untuk hiasan atau variasi busana.

 Bermacam-macam bentuk dan model kancing, yaitu kancing lobang dua, dan kancing lobang empat, kancing bertangkai, kancing hias, kancing jepret dan kancing kait.

A. Teknik Memasang Kancing Lobang Dua dan Empat
 Teknik pemasangannya yaitu membuat tusuk awal dengan menyisipkan ujung benang diantara dua belahan dan membuat satu atau dua tusukan kecil sebagai penguat kemudian memasukkan jarum dari bawah pada lobang pertama dan keluar pada lobang kedua, ulangi dengan cara yang sama sampai 4 atau 5 kali dan putar kancing dengan pakaian dililitkan agar berkaki. Kalau untuk lobang empat dapat dibuat dengan dua garis sejajar atau garis silang diatas kancing dengan cara mengeluarkan dan memasukkan jarum pada sudut yang berhadapan tiga sampai empat kali, kemudian dibalut antara kancing 1,2 dan 3 kali putar.benang yang merentang dekat jarum pentul, setelah pentul tadi dicabut benang tersebut dibalut untuk dijadikan kaki kancing.

B. Teknik Menjahit Kancing Bertangkai
 Cara memasangnya yaitu dengan membuat tusuk pada tanda tempat kancing, kemudian membuat 4 samapi 5 tusukan, dan terakhir berikan tusukan penguat.

C. Teknik Menjahit Kancing Jepret
 Cara memasangnya yaitu kancing jepret dijahitkan dengan tusuk balut atau dengan tusuk festoon. Setiap rumah kancing dibuat 4 sampai 5 kali tusukan, dan usahakan tusukan tidak tembus ke luar.
 Untuk jenis busana yang berkualitas tinggi, biasanya kancing jepret dibungkus dengan bahan yang tipis dan sewarna dengan bahan busananya.

D. Teknik Menjahit Kancing Kait

 Biasanya kancing kait terdiri dari dua bagian, yaitu kaitan dan matanya. Memasang kancing kait ini diselesaikan dengan tusuk feston atau tusuk balut.

1 komentar:

  • Siti Rohmah says:
    11 Maret 2013 15.57

    Terima kasih ...... artikel anda sangat berguna untuk referensi

Poskan Komentar