. . . . . .

Teknik menjahit busana

Pengetahuan teknik menjahit busana sangat perlu bagi semua praktisi Tata Busana. Teknik menjahit yang benar akan menghasilkan busana yang berkualitas. Sehelai busana dikatakan berkualitas apabila dikerjakan sesuai dengan teknik jahit yang sesuai dengan desain, jenis bahan yang dipakai, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan zaman, maka desain busana berkembang dengan pesat sekali. Perkembangan desain busana harus diimbangi dengan teknik menjahit busana itu sendiri. Perkembangan desain seperti berfariasinya desain kerah, desain lengan, desain rok, desain blus dan lain sebagainya, mesti diiringi dengan teknik jahit yang sesuai dengan desain masing-masing.

Untuk menerapkan teknik jahit yang benar dan sesuai dengan desain busana, diperlukan pengetahuan tentang teknik dasar menjahit, kampuh dasar (menggabungkan), teknik menjahit bagian-bagian busana, teknik menjahit belahan busana.

Didalam kegiatan menjahit, praktisi tata busana juga harus mampu menyiapkan/menata tempat kerja yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan, antara lain menyiapkan tempat untuk kegiatan menjahit dengan mesin, menjahit dengan tangan, melakukan pengepresan, dan merapikan area tempat kerja serta menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja

Kompetensi  :
1. Teknik dasar menjahit, kampuh dasar (menggabungkan), Teknik menjahit bagian-bagian busana, terampil membuat bermacam-macam belahan busana.
2. Mampu menyiapkan tempat dan alat pres, melakukan pengepresan (pressing), mencakup kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan pengepresan antara didalam membuat busana.
3. Mampu menerapkan praktek Kesehatan dan keselamatan kerja dalam mengepres.


Evaluasi :
1. Jelaskan pengertian dari teknik dasar menjahit busana.
2. Jelaskan langkah kerja menjahit belahan dua lajur
3. Apa saja yang diperlukan didalam pekerjaan mempres dan dimana tempat yang efektif diletakkan untuk mempres antara.
4. Kapan dilakukan pengepresan antara didalam proses pembuatan busana.
5. Jelaskan manfaat melakukan pressing.
6. Jelaskan penerapan K3 dalam kegiatan mempres busana.

blus batik

0 komentar:

Posting Komentar